Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

Pendahuluan

Jenis Jenis Las busur listrik ataupun biasanya diucap dengan las listrik merupakan tercantum sesuatu proses penyambungan logam dengan memakai tenaga listrik selaku sumber panas. Tipe sambungan dengan las Iistrik ini merupakan ialah sambungan senantiasa. Terdapat sebagian berbagai proses yang bisa digolongkan kadalam proses Ias Iistrik antara lain ialah:

Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

1. Las Listrik dengan Elektroda Karbon, Misalnya:

  • Las listrik dengan elektroda karbon tunggal.
  • Las listrik dengan elektroda karbon ganda.

2. Las Listrik Dengan Elektroda Logam, misalnnya:

  • Las–listrik dengan elektroda berselaput
  • Las iistrik TIG( Tungsten Inert Gas)
  • Las Iiarik submerged

4. Jenis Jenis Las

1. Las Listrik Dengan Elektroda Karbon( Arc Welding)

Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

Busur listrik yang terjalin diantara ujung elek¬troda karbon serta logam ataupun diantara 2 ujung elektroda karbon hendak memanaskan serta mencairkan logam yang hendak dilas. Selaku bahan tambah bisa dipakai elektroda de¬ngan fluksi ataupun elektroda yang berselaput fluksi.

2. Las Listrik Dengan Ekktroda Berselaput( SMAW)

Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

Las tistrik ini memakai alektroda berselaput selaku bahan tambah. Busur listrik yang terjalin diantara ujung elektroda serta bahan dasar hendak mencairkan ujung elektroda serta sebagian bahan dasar. Selaput elektroda yang ikut dibakar hendak mencair serta menciptakan gas yang melindungi ujung elektroda, kawah Ias, busur Iistri serta wilayah Ias di dekat busur listrik terhadap pengaruh hawa luar. Cairan selaput elektroda yang mengeras hendak menutupi permukaan Ias yang pula berperan selaku pelindung terhadap pengaruh luar.

Jenis Jenis Las ini merupakan sirkuit Ias listrik dengan elektroda berselaput dimana Gram merupakan sumber tenaga arus searah serta elektroda dihubungkan ke halte negetif lagi bahan ke halte positif.

Jenis Jenis Las ini ditunjukkan pemindahan cairan logam dari elektroda ke bahan dasar dimana gas dari pembakaran selaput elektroda melindungi wilayah ini. Las Iistrik TIG memakai elektroda wolfram yang bukan ialah bahan tambah. Busur listrik yang terjalin antara ujung elektroda wolfram serta bahan dasar merupakan marupakan sumber panas buat pengelasan. Titik cair dari alektroda wolfram sedemikian tingginya hingga 3410o sehingga tidak turut mencair pada dikala terjalin busur listrik. Tangkai Ias dilengkapi dangan nosel keramik buat penyembur gas pelindung yang melindungi wilayah Ias dari pengaruh luar pada dikala pangelasan.

Selaku bahan tambah dipakai elektroda tanpa selaput yang digerakkan serta didekatkan ke busur lirtrik yang terjalin antara elektroda wolfram dengan bahan dasar.

Selaku gas pelindung dipakai argon, helium ateau kombinasi dari kedua gas tersebut yang pemekaiannya ter¬gsntung dari tipe logem yang hendak dilas.

Tangkai las TIG umumnya didinginkan dengan air yang bersirkulasi. Proses Ias listrik TIG ditunjukkan pada Gbr dibawah ini

3. Las Listrik GMAW/ MIG

Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

Las listrik GMAW/ MIG merupakan las busur listrik di¬mana panas yang ditimbulkan oleh busur listrik antara ujung elektroda serta bahan dasar, sebab terdapatnya Arus Listrik

Elektrodanya merupakan ialah gulungan kawat yang berupa rol yang gerakannya diatur oleh pendamping roda gigi yang digerakkan oleh motorl listrik.

Kecepatan gerakan elektroda bisa diatur cocok dengan keperluan. Tangkai Ias dilengkapi dengan nosal logam buat menyemburkan gas pelindung yang dialirkan dari botol gas malalui selang gas.

Gas yang dipakai merupakan C02 buat pengelasan baja lunak serta baja, argon ataupun kombinasi argon serta helium buat pengelasan Aluminium serta baja tahan karat

Proses pengelasan MIG ini bisa secara semi otomatik ataupun otomatik. Semi otomatik dimaksudkan pengelasan secara manual sebaliknya otomatik merupakan pengelasan di mana segala pekerjaan Ias dilaksanakan secara otomatik. Proses Ias MIG ditunjukkan pada Gbr. di dasar ini. dimana elek¬troda keluar lewat tangkai las bersama dengan gas pelindung.

4. Las Listrik Submerged

Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4

Las listrik submerged yang biasanya otamatik ataupun semi otomatik memakai fluksi serbuk buat pelindung dari pengaruh hawa luar. Busur listrik diantara ujung elektroda serta bahan dasar terletak didalam timbunan fluksi serbuk sehingga tidak terjalin cahaya las keluar separti umumnya pada Ias listrik yang lain. Dalam perihal ini operator Ias tidak butuh memakai kaca pelindung mata( helm Ias).

Pada waktu pengelasan, fluksi serbuk hendak mencair serta mengeras menutup Iapisan Ias. Sebagian fluksi serbuk yang tidak mencair bisa dipakai lagi sehabis dibersihkan dari terak- terak Ias.–

Elektroda yang ialah kawat tanpa selaput berupa gulungan( rol) digerakkan maju oleh pendamping roda gigi. pendamping roda gigi yang diputar oleh motor listrik bisa diatur kecepatannya cocok dengan kebutuhan pengelasan.

Demmikianlah artikel tentang Jenis Jenis Las yang harus di Ketahui ada 4, semoga bermanfaat bagi anda semua. Bila kurang jelas, bisa kunjungi SITUS ini

Next Post Previous Post