10 Pengaman Komputer Saat Mati Lampu, Wajib Anda Tahu

10 Pengaman Komputer Saat Mati Lampu, Wajib Anda Tahu

Pengaman Komputer Saat Mati Lampu

Tip #1 – Anda adalah target peretas

Jangan pernah berkata, “Itu bukan akan terjadi pada saya.” Ana semua berisiko dan taruhannya luhur – baik untuk kesejahteraan alas dan finansial Anda dan untuk reputasi dan pamor universitas.

  • Keamanan siber adalah tanggung jawab semua orang.
  • Dengan mengikuti tips di kolong ini dan tetap waspada, Kau melakukan bagian Anda buat melindungi diri sendiri bersama orang lain.

Tip #2  Tetap perbarui perangkat lunak

Menginstal perubahan perangkat lunak untuk aliran operasi dan program Anda sangat penting. Selalu instal inovasi keamanan terbaru untuk gawai Anda:

  • Aktifkan Pembaruan Faali untuk sistem operasi Anda.
  • Gunakan browser web seperti Chrome atau Firefox yang sering menerima pembaruan keamanan otomatis.
  • Pastikan untuk kerap memperbarui plugin browser (Flash, Java, dll.).

Tip #3 – Hindari penipuan Phishing  waspadalah terhadap email bersama panggilan telepon yang mencurigakan

Penipuan phishing merupakan ancaman konstan – bersama menggunakan berbagai taktik penerapan sosial (tautan eksternal), bajul dunia maya akan mencoba benguk Anda agar membocorkan buletin pribadi seperti ID datang dan kata sandi Anda, deklarasi perbankan atau kartu kredit.

  • Pengelabuan phishing dapat dilakukan bersama telepon, SMS, atau bersama-sama situs jejaring sosial  tetapi paling sering bersama email.
  • Berhati-hatilah terhadap amar email atau panggilan telepon nan tampak resmi yang meminta buletin pribadi atau keuangan.

Lihat babak Sumber Daya Phishing ana untuk detail tentang mengidentifikasi penipuan phishing dan melindungi jasad Anda sendiri.

Tip #4  Praktekkan manajemen kata aba-aba yang baik

Kita semua memiliki amat banyak kata sandi perlu dikelola – dan lancar untuk mengambil jalan pintas, ajak menggunakan kembali kata aba-aba yang sama. Pengelola kata sandi dapat membantu Kalian mempertahankan kata sandi individual yang kuat untuk beberapa akun Anda. Program-program ini becus menghasilkan kata sandi nang kuat untuk Anda, memasukkan kredensial secara otomatis, dan mengingatkan Anda untuk memperbarui celotehan sandi Anda secara berkala.  Berkeley menawarkan LastPass Premi gratis (tautan eksternal) perlu semua pengguna dengan  CalNet.

Artikel cara Melindungi Kredensial Kau berisi rekomendasi terperinci bagi menjaga keamanan kata duaja Anda.

Tip #5 – Cermat dengan apa yang Kau klik

Hindari mengunjungi situs web nan tidak dikenal atau mengunduh gawai lunak dari sumber nan tidak tepercaya. Situs-situs ini rajin menghosting malware yang secara otomatis akan menginstal (seringkali secara diam-diam) bersama membahayakan komputer Anda.

Jika lampiran atau tautan dalam email enggak terduga atau mencurigakan bersama alasan apa pun, tak klik.

ISO merekomendasikan penggunaan Click-to-Play (tautan eksternal) alias NoScript (tautan eksternal), fitur embel-embel browser yang mencegah pengunduhan otomatis konten plug-in (mis. Java, Flash) bersama skrip yang dapat menampung arahan berbahaya .

Tip #6  Jangan pernah meninggalkan mesin tanpa pengawasan

Keamanan fisik instrumen Anda sama pentingnya bersama keamanan teknisnya.

  • Jika Anda perlu meninggalkan laptop, ponsel, alias tablet untuk waktu nan lama – kuncilah semoga tidak ada orang asing yang dapat menggunakannya.
  • Misal Anda menyimpan data nan dilindungi di flash drive atau hard drive eksternal, pastikan cena terenkripsi dan terkunci juga.
  • Demi komputer desktop, kunci kelir Anda atau matikan bangun saat tidak digunakan.

Tip #7  – Lindungi Data nan Dilindungi

Waspadai Data Terlindungi nang Anda hubungi dan arti terkaitnya. Tinjau Standar Brosur Data UCB untuk mafhum persyaratan tingkat perlindungan data. Secara umum:

  • Jauhkan Bahan Terlindungi tingkat tinggi (mis., SSN, deklarasi kartu kredit, catatan siswa, deklarasi kesehatan, dll.) dari workstation, laptop, alias perangkat seluler Anda.
  • Berantas file data sensitif dan aman dari sistem Saudara saat tidak lagi diperlukan.
  • Acap gunakan enkripsi saat menyimpan maupun mengirimkan data sensitif.

Tip #8 – Gunakan perangkat seluler dengan aman

Mempertimbangkan seberapa besar beta mengandalkan perangkat seluler beta dan seberapa rentan mesin tersebut untuk diserang, Kalian sebaiknya memastikan bahwa Kau terlindungi:

  • Kunci perangkat Anda dengan PIN atau aba-aba – dan jangan pernah membiarkannya tidak terlindungi  tempat umum.
  • Hanya instal pelaksanaan dari sumber tepercaya (Apple AppStore, Google Play).
  • Abadi|Awet|Baka|Daim} perbarui sistem operasi perangkat.
  • Non mengklik tautan atau suplemen dari email atau manuskrip yang tidak diinginkan.
  • Hindari mengirimkan maupun menyimpan informasi pribadi bermula perangkat.
  • Sebagian besar alat genggam mampu menggunakan enkripsi bahan – lihat dokumentasi alat Anda untuk opsi nan tersedia.
  • Gunakan alat Temukan iPhone daku (tautan eksternal) dari Apple alias Pengelola Perangkat Android (tautan eksternal) demi membantu mencegah kehilangan alias pencurian.

Tip #9 – Instal penjagaan antivirus/anti-malware

Hanya instal program ini berawal sumber yang dikenal dengan tepercaya. Tetap perbarui definisi virus, mesin, dan alat lunak untuk memastikan acara Anda tetap efektif.

Lihat Akidah Perangkat Lunak Anti-Malware Dasar Keamanan Minimum kami buat informasi lebih lanjut

Tip #10  Cadangkan data Anda

Cadangkan secara bersih – jika Anda menjadi objek insiden keamanan, satu-satunya cara yang dijamin untuk memperbaiki komputer jinjing Anda adalah dengan menghapus bersama menginstal ulang sistem.

Nah itulah 10 Pengaman Komputer Saat Mati Lampu, Wajib Anda Tahu semoga Bermanfaat Bagi anda semua.

Next Post Previous Post